Spanyol Juara, Torres Top Skor EURO 2012

Akhirnya Spanyol Juara EURO 2012 berkat dua gol dari David Silva dan Jordi Alba, lalu Fernando Torres dan Juan Mata di babak kedua, membuat Spanyol mewujudkan impiannya menciptakan sejarah dalam sepakbola dunia, menjadi juara turnamen-turnamen besar tiga kali berturut-turut.

Pertama Piala Eropa 2008, kemudian Piala Dunia 2010, dan kini Piala Eropa 2012.

Mantan penyerang Inggris Gary Lineker pernah mengatakan jika bisa mencetak sejarah baru dalam sepakbola internasional itu, maka Spanyol akan menjadi salah satu tim terbesar sepanjang masa.

Kunci kesuksesan Spanyol terletak pada kemampuan Xavi Hernandez dan koleganya di lapangan tengah dalam mematikan pergerakan pengatur permainan Italia Andrea Pirlo, dan kawalan ketat barisan pertahanannya terhadap Mario Balotelli.

Spanyol juga menciptakan sejarah dengan menang lewat skor 4-0 yang didaulat sebagai rekor kemenangan terbesar dalam turnamen akbar se-Eropa ini.

Pahlawan babak pertama bagi La Furia Roja adalah David Silva yang menciptakan gol di menit 14 dan Jordi Alba pada menit 41, namun perancang kedua gol itu tak pelak adalah jenderal lapangan tengah Xavi Hernandez.

Sementara pahlawan pada babak kedua adalah Fernando Torres dan Juan Mata.

Babak kedua dimulai dengan pergantian pemain Italia, Cassano digantikan Di Natale. Italia harus bermain lebih agresif untuk menggedor pertahanan Spanyol.

Italia mulai agresif lewat Abate namun keberuntungan masih berpihak pada Spanyol. Bola Natale melambung ke atas mistar dan Casillas masih bisa bernafas lega.

Fabregas dan Silva berduet merepotkan lini pertahanan Italia dan Buffon. Sang kiper gagal menangkap bola namun Abate segera membuang bola menjauhi gawang.

Tendangan pojok dari Pique mengenai tangan Bonucci di kotak penalti, namun wasit tidak melihatnya.

Buffon dan Casillas bergantian menyelamatkan bola seiring bertambah agresifnya pola permainan. Di menit ke-51 Casillas kembali menjadi tembok tebal dari tendangan Di Natale.

Motta menggantikan Montolivo pada menit 56 yang diharapkan bisa membawa angin segar bagi Azzurri.

Ambisi Balotelli mencetak angka masih gagal karena arahnya belum akurat.

Pada menit ke-58 Silva diistirahatkan, digantikan oleh Pedro.

Dua menit kemudian Thiago Motta terlihat kesakitan memegangi pahanya. Dia tergeletak di lapangan dan segera dibawa keluar oleh tim medis untuk diperiksa.

Peluang emas untuk Spanyol pada menit 69 gagal dieksekusi.

Suara nyanyian pendukung Spanyol bergemuruh di stadion. Sementara penonton berbaju biru terlihat diam dan muram.

Segerombol pemain Italia dan Spanyol berkumpul di area kotak penalti Italia. Lini penyerang Spanyol ngotot ingin menantang Buffon, lini belakang Italia pun ngotot menghalangi usaha mereka.

Fabregas pun dikembalikan ke bangku cadangan diringi sorak sorai penuh apresiasi dari para suporter. Fernando Torres menggantikannya pada menit 75.

Nyaris mencetak gol ketiga pada menit 78, tendangan Pedro melebar dan dia dinyatakan offside.

Sepuluh menit menjelang pertandingan berakhir, bola didominasi tim matador. Pemain berseragam biru pun hanya berlari kesana-kemari mengejar La Furia Roja.

Torres berhasil melesakkan gol ketiga di pojok kiri gawang Buffon pada menit 84.

Juan Mata menggantikan Iniesta dua menit kemudian.

Empat menit kemudian Tim Matador kembali menggilas Azzurri dengan mencetak gol keempat lewat Juan Mata yang baru bermain di lapangan selama tiga menit. Permainan pertama Juan Mata di turnamen ini berbuah manis berkat umpan cantik dari Torres dan lini belakang Italia yang renggang.

Jejeran pemain Spanyol di bangku cadangan terlihat rileks dan bahagia menantikan peluit kedua berbunyi.

Buffon tidak mau kehilangan muka, dia menyelamatkan tembakan Spanyol di menit terakhir.

Peluit kedua pun berbunyi. Pemain La Furia Roja segera merangsek ke lapangan, membentuk lingkaran dan melompat-lompat kegirangan.

Buffon menyalami Casillas. sementara Balotelli sejak awal meninggalkan lapangan dengan gestur 'ngambek'.

Pirlo dan kawan-kawannya berjalan gontai meninggalkan lapangan, sedangkan Spanyol gagah perkasa berhasil mempertahankan gelar Piala Eropa dua kali berturut-turut.

"Spanyol terlalu bagus. Mereka melewati Italia dengan mudah. Sekali lagi Spanyol gembira menjadi Juara Eropa. Italia patah hati. Emosi yang bertolak belakang," tulis ESPN.com.

Torres Top Skor EURO 2012
FERNANDO TORRES dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak di ajang Piala Eropa 2012 denga raihan tiga gol. Torres menyumbang satu gol dan satu assist saat Spanyol memastikan diri menjadi juara usai menggasak Italia 4-0 di partai final di Stadion NSK Olimpijs'kyj, Kiev, Senin (2/7) dinihari WIB.

La Furia Roja mencatatkan sejarah sebagai tim pertama di dunia yang mampu meraih tiga gelar berturut-turut di turnamen besar. Mereka juga menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Eropa.

Dua gol Torres lainnya dicetak saat Spanyol menang atas Republik Irlandia di putaran grup. Torres menyamai catatan striker Jerman Mario Gomez dengan tiga gol dan satu assist. Namun, El Nino lebih berhak untuk meraih Sepatu Emas karena catatan itu dilalui hanya dalam waktu 189 menit, unggul dari rivalnya, 282 menit.

Torres juga menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di dua final Kejuaraan Eropa yang berbeda. Ia mencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Jerman di Final Piala Eropa 2008.

Posisi kedua pencetak gol terbanyak di Euro 2012 ditempati Gomez. Dua gol dicetaknya saat lawan Belanda dan satu golnya lagi ke gawang Portugal. Sementara satu assist-nya kepada Lukas Podolski dilakukan saat menang 2-1 atas Denmark.

Posisi ketiga ditempati striker Rusia Alan Dzagoev dengan torehan tiga gol dalam waktu 253 menit, dan semuanya dilakukan di fase grup karena timnya harus terhenti di babak ini.

Posisi keempat ditempati Mario Mandzukic. Striker Kroasia yang baru saja bergabung ke Bayern Munich itu mencetak tiga gol dalam waktu 270 menit, sama seperti Dzagoev, kesemuanya dicetak di fase grup karena timnya terhenti di babak ini.

Posisi kelima ditempati striker Italia Mario Balotelli. Penyerang Manchester City itu gagal menambahkan golnya di partai final lawan Spanyol karena ia tak bisa berkutik menerobos pertahanan kuat sang juara. Ia sebenarnya digadang-gadang akan mampu menjadi topskor karena penampilan impresifnya dengan dua gol kemenangan 2-1 atas Jerman di semi-final.

Posisi keenam ditempati striker Portugal Cristiano Ronaldo. Bintang Real Madrid itu mencetak dua gol ke gawang Belanda di fase grup dan satu gol lagi ke gawang Yunani di perempat-final. Gagal mencetak gol ke gawang Spanyol di semi-final dan timnya harus terhenti di tangan sang juara membuatnya gagal menjadi topskor.
Publishing by Jekethek-:-Blog Berita Indonesia Terbaru Hari ini

Tags: ,

Baca Info Lain :





About author

Salam blogger news, Dapatkan berita indonesia terbaru dan terkini update dari berbagai media online. Silahkan komentar di bawah ini yang telah disediakan.

0 comments

Leave a Reply