Tips Cermati Makan dan Minum yang Menggangu Tidur Nyenyak Anda !

Sulit untuk memejamkan mata tiap malam? Jangan-jangan Anda sudah terkena insomnia akut. Mulailah perhatikan setiap makanan yang Anda makan, siapa tahu makanan itu si pencuri tidur Anda!

Banyak orang yang mengalami kesulitan saat tidur. Di saat mata mulai mengantuk, ternyata jam weker telah berbunyi. Karena baru terlelap Anda tidak bisa langsung bangun, dan akan semakin buruk saat Anda benar-benar bangun Anda pasti terkejut betapa kacaunya wajah Anda.

"Kalau memang Anda bermasalah dengan tidur, coba deh sebaiknya Anda ingat-ingat apa yang Anda makan semalam. Makanan pedas seperti yang mengandung bawang putih, cabai, cayenne, dan jenis makanan lainnya memang sangat menggoda, tapi justru makanan tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga karena rasa panas yang ditimbulkan hingga perasaan tidak nyaman," terang Elizabeth Somer, R.D penulis The Food & Mood Cookbook.


Ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi gangguan saat ingin tidur:

Makan Malam
Saat malam hari, sistem pencernaan mengambil beberapa jam untuk beristirahat, namun ada beberapa yang tidak berhenti bekerja. Ketika gangguan tidur menyerang, cobalah menambahkan sedikit porsi makan siang Anda, dan nikmati makan malam yang lebih ringan. Sehingga membuat sistem pencernaan dapat beristirahat dan membuat Anda tidur lebih cepat.

Perbanyak Sayuran
Makanlah makanan yang lebih sehat tapi sedikit lebih mengandung 'gas' seperti kacang-kacangan, brokoli, cauliflower, brusselsprout. Jika tubuh terlalu banyak gas dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Cara Mengunyah
Dalam mengunyah makanan, sebaiknya jangan terlalu cepat. Perlahan dan nikmati makanan yang disajikan untuk megnurangi udara yang masuk yang menyebabkan masalah lambung saat tengah malam.

Minuman Beralkohol
Alcohol memang membuat Anda mengantuk pada awalnya, tapi ini tak akan berlangsung lama. Anda akan merasa terus terjaga sehingga mengurangi waktu istirahat Anda. Empat gelas wine saat makan malam memang tidak akan mengganggu, selama rentang waktunya lebih dari dua jam dari waktu And atidur.

Kopi Setelah Sarapan
Kafein pada kopi akanbertahan di dalam tubuh kurang lebih selama 12 jam setelah dminum. Jadi, jika Anda sering masih terjaga sampai waktu tidur tiba, pastikan Anda sudah bebas kafein setidaknya 12 jam sebelumnya. Masih menonton televisi pada pukul 2 dini hari? Cobalah untuk tidak mengkonsumsi kafein selama 2 minggu, jika masalah tidur Anda menjadi lebih baik, mulai lah mengatakan 'TIDAK' pada kafein.

"Jika sudah membaik, coba minum secangkir kopi atau teh di pagi hari dan perhatikan apa yang terjadi. Apabila masalah tidur menganggu Anda lagi, sebaiknya Anda benar-benar menghindari yang namanya kafein." terang Somer.

Dapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu 6 hingga 8 jam setiap hari. Selain membuat And asegar saat pagi hari, kulit, dan pikiran Anda akan merasa lebih baik. Tidak hanya itu, Anda akan merasa jauh lebih muda 3 tahun dari umur Anda sebenarnya.



Publishing by Jekethek-:-Blog Berita Indonesia Terbaru Hari ini

Tags:

Baca Info Lain :





About author

Salam blogger news, Dapatkan berita indonesia terbaru dan terkini update dari berbagai media online. Silahkan komentar di bawah ini yang telah disediakan.

0 comments

Leave a Reply